#kuliahbunsayiip Tumblr posts

  • Day 4 peran ayah dalam pengasuhan untuk membangkitkan fitrah seksualitas.

    Dalam diskusi kelompok 3 sudah dijelaskan tentang tugas ayah dan Bunda dalam menumbuhkan fitrah seksualitas pada anak. Kenapa seorang punya peran yg begitu besar? Karena ayah sang pencari nafkah utama, ayah adalah teladan dalam profesionalisme bagi anak-anaknya.

    Masalahnya seringkali ayah-ayah belum tergerak dengan peran tersebut karena kesibukan mencari nafkah atau karena stigma parenting hanya mjlik ibu2.

    Padahal bahaya mengintai anak-anak yg kurang kehadiran sosok ayah. Anak perempuan akan mudah tergoda dan mencari perhatian lawan jenisnya sedangkan anak laki-laki akan menjadi anak yg gamang dalam menjalani hidupnya atau kurang tegas karena sebenarnya fitrah tersebut sudah terinstall tapi tidak digunakan dan di stimulasi yg mengakibatkan anak laki-laki banyak yg mudah meninggalkan tanggung jawab dan tidak gentle. Naudzubillah

    image
    View Full
  • Day 2 pendidikan fitrah seksualitas sejak dini


    image

    Diskusi kelompok 2 kali ini mengenai bagaimana cara mengajarkan anak-anak usia dini mengenal pendidikan seks. Ga serem kok. Kalo dalam islam pendidikan seks bisa kita lihat dari bagaimana islam memerintahkan memberi nama yg baik sesuai dengan jenis kelamin anak, mengatur batasan aurat antara laki-laki dan perempuan, periintah untuk ibu menyusui anaknya hingga 2 tahun krn di usia 0-2 thn memang idealnya anak dekat dengan ibunya dan masih banyak lagiii.

    Selain itu anak juga harus diajarkan untuk mengenal fungsi bagian tubuhnya dan membiasakan untuk menyebut bagian kemaluan dengan nama yg benar bukan istilah yg dibuat-buat (boleh juga menyebut dengan farji’ atau aurat), mengajarkan anak mengenal jenis sentuhan yg diperbolehkan dan tidak diperbollehkan, dibiasakan mengenal rasa malu sejak dini dengan memakai pakaian yg sopan, tidak dibiasakan disentuh/menyentuh lawan jenis dan orangtua juga tentunya memberi contoh yg baik selama dirumah dengan menjaga aurat di depan anak-anak

    View Full
  • Day 1 resume diskusi memahami perbedaan gender pada anak


    Semester 2 dulu saya pernah dapat matkul kajian gender. Dari sana saya jadi tahu bahwa gender dan jenis kelamin adalah dua hal yg berbeda, gender lebih mengarah kepada pembagian tugas dan jenis kelamin lebih mengarah pada sistem reproduksi.

    Nah di level 11 ini ternyata saya harus mengingat kembali karena temanya tentang menumbuhkan fitrah seksualitas pada anak. Anw jauh sebelum teori kajian gender lahir kami sepakat bahwa al-qur'an sudah lebih dulu membawa konsep gender secara bijak.

    Laki-laki dengan fisiknya yg lebih kuat dan besar disebut sebagai qowwam (pemimpin dan pelindung) bagi perempuan. Apa perempuan maksudnya lebih lemah? Ya nggak gitu zheyenggggg. Dari presentasi kelompok 1 dijelaskan bahwa perempuan dan laki-laki sama-sama membawa misi kehidupan dengan perannya masing-masing dan saling mengisi bukan untuk saling berkompetisi.

    View Full
  • Aliran Rasa♥️

    Membentuk karakter yang baik dengan mendongeng adalah hal yang sangat menarik. Karena faktanya dengan medongeng anak-anak lebih cepat menyerap apa yang ingin kita sampaikan. Mendongeng menjadi salah satu sarana mendidik anak membentuk karakter baik dengan cara yang menyenangkan. Semoga bisa istiqomah terus berkisah untuk twin 💪

    View Full
  • Pagi tadi, aku dan ibu pergi ke salah satu pasar kaget. Saat diperjalanan ibu melihat janur dengan nama “Hasna & … “

    tiba-tiba ibu berkata,

    “banyaknya mah nama teh Hasna yaa bukan Hasni, ari hasni apa artinya de ..?”

    “lahh itu kan ibu yg kasih nama ade ..” (kataku sambil agak ketawa)

    “gatau kenapa ya, da kata si bapa hasni aja gara2 si teteh ingin namanya sama ..”

    akhirnya selama diperjalanan ibu bercerita tentang asal muasal nama hasni ini berasal dari mana, hehe

    jadi awalnya, saat aku lahir, teteh ingin banget kalau nama kita samaan, supaya kembar katanya, tapi kan yaaa mana mungkin nama kita sama, akhirnya bapa ganti 2 huruf dalam nama teteh untuk jadi namaku, yaitu

    Hasri Haryani Direja menjadi Hasni Heryani Direja

    hanya merubah huruf “r” menjadi “n” dan huruf “a” menjadi “e”

    sudah. hanya itu saja. tanpa filosifi lainnya. wkwkwk

    ternyata tak ada arti lain dari namamu has wkwk

    View Full
  • Mendapat kunjungan sanak saudara ke rumah adalah suatu hal yang ditunggu-tunggu.

    Sama halnya dengan hari kemarin, bibiku dan keluarga mengunjungi tempat tinggal kami, pasti banyak sekali yg diceritakan. Apapun itu.

    Tema hari ini lagi-lagi tentang persiapan acara nikahan sepupu, berbagai rencana mulai di siapkan dan yang menjadi sorotan adalah sepupuku yg dia adalah adik dari calon manten.

    Dia selalu keukeuh ingin menjadi pager ayu, padahal masih duduk di bangku kelas 5😂

    Kami ceritakan tugas dan tanggungjawabnya, namun ia tetap keukeuh. Wkwk bahkan yg paling menyebalkan ialah sampai menangiss dong. Kesal rasanya wkwk

    Begitulah. Momen cerita-cerita hingga akhirnya yg bisa menangis ini selalu menjadi momen yg berharga ketika sanak saudara mulai mengunjungi rumah. 😊

    View Full
  • Day-10

    Hari ini kami berkisah tentang Kura-Kura dan Monyet. Kisah seribu umat, zamannya ibu masih kecil sering diceritakan kisah ini. Sekarang giliran twin yang menyimaknya dari ibu. Kisah ini menceritakan tentang kesombongan dan keusilan sang monyet. Suatu hari saat kura-kura akhirnya ditangkap oleh pemburu, si monyet rela menggantikan tempat kura-kura hanya karena makanan. Bukan karena rasa setiakawannya kepada kura-kura.

    🌈Pada kisah ini yang ingin disampaikan adalah bahwa saat berteman, tidak boleh memanfaatkan kelemahan teman. Tidak boleh saling menyakiti dan tidak boleh serakah mengambil hak-hak kawan.


    image
    View Full
  • Day-9

    Kali ini kami berkisah tentang Nabi Sulaiman. Nabi yang terkenal sebagai raja yang kaya raya, juga memiliki mukjizat bisa berbicara dengan binatang. Mendengar ini twin begitu excited. Mungkin bagi mereka terbayang bisa ngobrol sama kucing kali ya 😂. Namun ibu jelaskan bahwa ini adalah kemampuan khusus dari Allah yang tidak semua orang memilikinya. Saat pasukan berkuda Nabi Sulaiman datang, raja semut memerintahkan kepada semut-semut untuk segera masuk ke dalam lubang karena kalau tidak, bisa mati terinjak-injak. Namun Nabi Sulaiman mengerti. Dengan penuh kasih sayang Nabi Sulaiman mengatakan bahwa mereka tidak akan sampai tega menginjak semut-semut tersebut.

    🌈 Kisah ini salah satunya mengajarkan twin untuk menyayangi hewan-hewan. Meski hewan itu kecil harus tetap dilindungi, tidak boleh disakiti.


    image
    View Full
  • •Althaf Mendongeng untuk Albarra•⁣
    ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
    Bismillaahirrahmaanirrahiim…⁣⁣⁣⁣

    Membacakan buku atau mendongeng sejatinya tak hanya menanamkan sebuah nilai untuk membentuk karakter anak. Akan tetapi, membawa sebuah kebiasaan baik, tentang bagaimana kita menjemput pengetahuan dan mengembangkan imajinasi.⁣

    Saat membacakan buku, aku selalu mengulang informasi yang hendak ditangkap. Aku pun seringkali menambahkan isi cerita, agar anak-anak lebih dapat memahami tujuan dari cerita yang dibacakan. Tak jarang cerita imajinasi malah lebih berkembang daripada isi di dalam bukunya. Jadilah, dongeng ala Bundyta. Hehehe…⁣

    Hampir setiap hari kami membaca buku, setidaknya kebiasaan ini yang ingin aku tumbuhkan dalam keluarga. Alhamdulillah, walau masih berbentuk bunga-bunga, dan buah-buah kecil, hasil itu sudah dapat terlihat dengan indah.⁣

    Saat menungguku menyelesaikan urusan lain, ternyata Althaf (6th) berinisiatif untuk membacakan Albarra (2th) buku favoritnya. Persis seperti yang kulakukan, dijelaskan dan ditambahkan ceritanya agar Adik Albarra memahami buku yang dibacakan Mas Althaf. MasyaaAllah… Tabarakallah…⁣

    #hari14⁣
    #level10⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
    #IIPxBundyta⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
    #gamelevel10⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
    #kuliahbunsayiip⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
    #tantangan10hari⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
    #grabyourimagination
    #institutibuprofesional⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
    #harimembacalantangsedunia
    #worldreadaloudday2020
    #readaloudindonesia
    #worldreadaloudday
    #bundytabercerita
    #readaloudbook
    #readaloud
    #iipdepok⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
    #iip⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
    ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
    @institut.ibu.profesional⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
    @ibuprofesional.depok
    https://www.instagram.com/p/B8LW4ecArtU/?igshid=yoitt3vxgijr

    View Full
  • Hari ini belum sempat untuk rekam suara dan dishare di instagram, tapi alhamdulillah tadi cerita bareng temen2 tentang kejadian yg konyol namun hampir setiap hari bisa terjadi😂

    “hati-hati dalam berkendara, jangan sampai nyentuh motor di depan”

    Hal yg sulit dikendalikan adalah rem mendadak ketika terjadi kemacetan tiba2 didepan mata.

    Aku menceritakannya pada mereka. Dengan mimik muka yg meniru seorang bapak yg motornya aku “tabrak” sedikit mengenai spakbor belakangnya, dan mimik muka aku yg ketakutan karna salah namun tetap mengangguk dengan wajah yg tertutup masker dan hanya tersisa 2 kelopak mata😂

    Sebenarnya aku tersenyum lirih dibalik maskerku, namun apa daya si bapa tidak melihat senyumku dan tetap konsisten dgn matanya yg belotot tanpa kata2 cacian.

    Wkwkwkwk mereka puas sekali tertawa mendengar ceritaku. Aku juga tertawa sihh wkwkwk

    View Full
  • image

    Allah SWT berfirman:

    فَلَمَّا قَضَيْنَا عَلَيْهِ الْمَوْتَ مَا دَلَّهُمْ عَلٰى مَوْتِهِۦٓ إِلَّا دَآبَّةُ الْأَرْضِ تَأْكُلُ مِنْسَأَتَهُۥ  ۖ فَلَمَّا خَرَّ تَبَيَّنَتِ الْجِنُّ أَنْ لَّوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ الْغَيْبَ مَا لَبِثُوا فِى الْعَذَابِ الْمُهِينِ

    “Maka ketika Kami telah menetapkan kematian atasnya (Sulaiman), tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya itu kecuali rayap yang memakan tongkatnya. Maka ketika dia telah tersungkur, tahulah jin itu bahwa sekiranya mereka mengetahui yang gaib tentu mereka tidak tetap dalam siksa yang menghinakan.” (Q.S. Saba / 34:14)

    View Full
  • Hujan

    Kemarin uni melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor. Ketika berangkat, langit tampak cerah.

    Dalam perjalanan pulang, awan menggelap dan turun hujan. Uni lupa bawa jas hujan, akhirnya memutuskan untuk mencari tempat untuk berteduh. Aha, alhamdulillah ada gubuk di tengah perkebunan kelapa sawit itu.

    Hujan merupakan pengantar rezeki kepada manusia. Hujan merupakan rahmat dari Allah SWT. Atas izin Allah, buah-buahan dapat tumbuh dengan bantuan air hujan. Ini dijelaskan dalam Q.S. Al-A'raf:57. Makanya ketika hujan, kita semestinya berdoa “Allahumma soyyiban nafi'an, Ya Allah turunkanlah hujan yang bermanfaat”.

    View Full
  • Halo diri, mari ucapkan Basmalah dan kembali ke jalan yang benar setelah ke-skip-an yang akut. Level-level sebelumnya sangat teramat skip. Iya, liburan awal tahun kemarin kami berempat memperpanjang “staycation” kami di rumah sakit 😂. Twin sakit. Ya, walaupun sudah beberapa kali menangani pasien anak yang kejang demam, tetap saja mamak baper saat anak sendiri yang kejang demam. Panik. Yak. Kedua-duanya tepatnya, panas tinggi dan kejang di hari yang sama. Dasar kembar, sakit pun barengan dan sama diagnosisnya. Alhamdulillah, semuanya saat ini sudah kembali sehat.

    Tantangan kali ini qadarullaah bertepatan dengan rencana saya dan suami untuk lebih rajin berkisah dan bercerita dengan twin yang saat ini sedang pesat-pesatnya berkembang kemampuan berbahasanya. Ingin bermaksud menambah kosakata mereka dengan berkisah. Sekaligus juga menanamkan nilai-nilai tauhid dan teladan kepada mereka. Pas sekali ada tantangan ini. Mudah-mudahan menjadi penyemangat kami.

    Beberapa pekan lalu, buku yang kami pesan sudah datang. Kisah para nabi. Sejauh ini twin baru kami kisahkan tentang Nabi Nuh dan Nabi Sholeh. Maklum kisah itu yang paling melekat di memori ibuknya 😅. Dengan memperkaya pengetahuan tentang sejarah Nabi, mudah-mudahan kami bisa berkisah lebih banyak lagi untuk twin dan berbagi ibroh sesuai dengan kemampuan mereka. Semangat! Ayah ibunya harus belajar duluan yaa 😉


    image
    View Full
  • Level 9 tantangan bunsay: day 5

    asyraf lagi seneeeeng banget main balok. Padahal beli balok ini udah hampir setaun yang lalu ternyata baru terpakai saat asyraf usia 2 tahun. Sore ini saat saya tinggal cuci piring tiba-tiba asyraf minta panci. ketika saya tanya untuk apa? Jawabnya untuk masak😂 ternyata asyraf sudah menyiapkan kompor ala-ala dari balok. Saya surprise sekaligus ngakak masya Allah kepikiran aja ya bocah ini😂

    Kemudian setelah saya selesai mencuci piring saya bawakan beberapa piring plastik sebagai piring saji ala-ala

    image
    image
    View Full
  • Day 6: menstimulasi kecerdasan matematis logis



     Asyraf sedang senang-senangnya menirukan orang berjualan. Mulanya hanya bakso dan menganggap semua penjual yg lewat di depan rumah adalah bakso. Setelah kami beritahu lama-lama asyraf hapal berbagai macam suara yg dipakai para penjual tersebut. Seperti suara mangkok dan sendok diadu untuk penjual bubur, suara bambu diketuk untuk bakso dan suara penjual roti yg mengenakan pengeras suara.

    Awalnya asyraf hanya menirukan ketika mereka lewat dan memeragakan bagaimana cara memanggil para penjual tersebut. Otentu saja meniru cara saya dengan bertepuk tangan sambil memanggil penjualnya hahahaha😂

    Hari ini asyraf terlihat asyik menarik-narik kardus sambil mengucapkan sesuatu yg tidak terlalu jelas. Lama-lama saya perhatikan ternyata asyraf mengatakan “ayaam..ayam…bubus..bubus ayam”

    Oh ternyata asyraf sedang menirukan penjual bubur ayam😂😂😂
    Akhirnya mulai lah saya dan ayahnya berpura-pura menjadi pembeli dan mengajarkan hitungan angka dari 1-10 sekaligus mengajarkan logika jual beli ala-ala

    View Full
  • The precious thing : Learn how my son’s learn

    Belajar bagaimana anakku belajar. Kalimat yang mungkin tepat untuk menjelaskan proses kuliah di level 4 ini.

    Hal pertama yang aku lakukan untuk memulai level 4 ini adalah “mengosongkan gelas”. Yes, it means… aku tidak mau “menjudge” terlebih dahulu gaya belajar anakku itu A atau B, karena aku ingin penilaianku terhadap alta itu objektif hasil dari level 4 yang dilalui ini. Dan itu hal pertama yang amat penting dilakukan. Feels like : i want to follow you, son. Aku sebagai ibu di level 4 ini menjadi follower dia, bukan justru memaksa alta mengikuti caraku belajar atau bahkan mengajarkan dia.

    Dan yang aku dapatkan justru alta yang mengajarkanku bahwa dia makhluk yang amazing, ciptaan Allah yang sangat amat membuatku takjub.

    When i trust him, he can be the amazing kid. The smartest one

    I do follow him, so i do trust him to lead me learn. Benar apa kata para pakar fitrah based education bahwa anak dilahirkan bukan selembar kertas kosong melainkan sudah diberikan bekal untuk menjadi “manusia terbaik versi-Nya” yaitu bekal fitrah oleh Allah.swt, yang sesungguhnya anak itu sudah pintar, sudah baik, sudah paket lengkap. Orang tuanya lah yang sesungguhnya menjadi “murid baru” sejak anak itu lahir.

    So, i wanna say that…

    Setiap orang tua akan menjadi “murid baru” di sekolah peradabannya ketika memiliki anak “baru” yang lahir dari rahim ibunya

    Does it make sense? Yes, it does.

    Kalau sudah punya mindset seperti itu, seorang ibu atau ayah tidak akan pernah membandingkan anak yang satu dengan lainnya, atau bahkan membandingkan anaknya dengan anak orang lain. Cz, every child is unique. Itulah kesimpulanku setelah melewati level 4 ini.

    Thanks IIP Bunda Sayang, Allah perantarakan organisasi ini sebagai tempatku belajar dan mengamalkan basic ilmu parenting :)

    View Full
  • Bismillah #Day17

    Hari ini bunda mengisahkan tentang awan dan hujan. Melalui sebuah gambar sederhana yang bunda gambar di papan tulis mini milik zahra.

    Alhamdulillah respon zahra sangat antusias mendengarkan bunda berkisah sambil menggambar bersama.

    Bunda mennyampaikan bahwa awan dan hujan Allah ciptakan membawa keberkahan di bumi yang kita pijaki.

    View Full
  • (Masih) Visual

    Lagi2 kemampuan menulis adalah andalanku. Tak ada yg bisa menandingi cara terbaik dalam belajar selain menulis

    Sama halnya dengan menulis kegiatan apa saja yg harus kulakukan hari ini.

    Yaps. Seremeh itu.

    Hari ini banyak sekali kegiatan yg harus kukerjakan, namun ku yakin ku akan lupa jika hanya diingat. Akhirnya kuputuskan untuk menuliskannya.

    Dan yapz! Its work!

    Semua rencana terselesaikan dgn smooth

    View Full