#makansehat Tumblr posts

  • Jaga kesehatan tubuh ketika di rumah aja selama berbulan2 ternyata gampang2 susah ya.. makan makanan sehat, minum vitamin, minum air hangat, dan sebagainya kadang gak cukup. Meski di rumah aja belum tentu setiap orang bisa istirahat dan tidur yang nyenyak atau dengan waktu yang cukup.

    Belum lagi pikiran yang tiba2 bisa stress, kepikiran ini itu, khawatir, cemas, gundah gulana. Tanpa disadari stress mulai menggerogoti kekebalan tubuh.

    Di jaman pandemi covid-19 ini sistem imun tubuh bisa naik turun tanpa disadari. Emang gak gampang juga menjaga kewarasan jiwa, kesehatan tubuh, sama kenormalan pikiran meski di rumah terus.

    Lama2 penyakit di badan sendiri bisa muncul bukan karena virus, bakteri, atau sistem imun yang turun, tapi karena stress yang tidak disadari.

    Yah semoga kita semua bisa mengatur 3P (pola makan, pola hidup, pola pikir) selama masa karantina ini biar tetap sehat. Aamiinn.. karena kalo gak sehat, susah untuk berobat ke rumah sakit 😂😭

    #jagastress #dirumahaja #sehatdirumah #karantinaunik #makansehat #makanenak (at Kavling Deplu Cipadu.)
    https://www.instagram.com/p/CAyr7ycHE4XlH3r4og4e0YU4pPTFu_4t_ISDHU0/?igshid=15vu2wegh8c4d

    View Full
  • Selalu konsumsi yang sehat itu penting sekali dimasa untuk terus meningkatkan kualitas DAYA TAHAN TUBUH kita.
    .
    Ayooo…konsumsi yang sehat !!
    .
    .
    #ciwipaino #makansehat #minumsehat #sehatselalu #sehat #anak #keluarga #selalusehat #anaksehat
    https://www.instagram.com/p/B-Jk_LXDM8S/?igshid=1qyd6icizrwpj

    View Full
  • Hari ini, hari ketiga saya dan istri mulai menjalani program konsumsi sehat. No rice except on lunch. Berat tapi faidahnya terasa sekali di badan. Pagi dan malam hanya makan buah. Istri kuat, saya tumbang.

    View Full
  • Rujakan cocok dengan cuaca panas siang ini. Yumm yumm yumm 😁

    #rujakbuah #sambelenak #yangsegerseger #dietbesokaja #makansehat #buahpotong #pencernaansehat

    View Full
  • Panjang ya judulnya? Kemarin-kemarin sempat nulis tentang diet,, makan sehat, makan benar, dietnya syifa gitu. Mangga di cek #makanbenar
    Sebelumnya pernah ngobrolin tentang liur; lidah (rasa), sekarang akan ngobrolin tentang tekstur yang berkaitan dengan fungsi gigi. Anak bayi yang baru lahir Allah beri asupan gizi dari Ibunya berupa air susu ibu, yang bentuknya? Cair. Iyalah, anak baru lahir kan belum punya gigi. Tambah bulan, hadirlah gigi terus setelah asi eksklusif 6 bulan diperkenalkan mpasi (makanan pendamping asi). Dari buka instagram, gue jadi tau mpasi gak cuma bubur-bubur atau nasi tim, tapi ada juga metode BLW (kalo g salah, bayi 6 bulan keatas dikasi makanan bukan yang lembek, tapi kayak sayur buah dengan potongan yang bisa digenggam sang anak. Makin besar balita misalnya hingga usia tk, dikasi makan bentuk utuh, nasi, roti, biskuit (misal). Makin dewasa udah ada tambahan geraham bungsu makin bisa makan se'enak'nya kan? Makan apa aja.
    Kok tetiba kepikiran nulis ini? Suatu waktu, beberapa hari/minggu lalu tiba2 rasanya gue males ngunyah, tapi ngunyah basreng gue masih mau. Loh?? Kan basreng juga dikunyah. Oh. Ternyata, gue lagi suka ngunyah yang teksturnya kayak basreng, kriuk2, kres2, bkan kayak tekstur tomat, labu, bayem dsb. Tekstur yang mirip sama tekstur basreng menurut gue bengkoang potong atau timun, tapi waktu itu ga nyetok beengkoang. Jadilah gue bikin/beli jus.
    Dalam menyusun diet juga bisa dipertimbangkan tentang tekstur, apa mau jus (yang lembek terus, jadi langsung temen, tapi minusnya ga dikunyah jadi kurang tau kecampur sm liur dan enzim di mulut atau ga), atau rebus-rebus, atau campur2 tapi yang penting rasa?
    Apapun itu teksturnya, Allah menciptakan sesuatu dengan tujuan tertentu, kayak gigi manusia yang taring ya cuma 2, berarti makan dagingnya juga secukupnya, gak kayak harimau yang giginya taring semua, gigi gerahamnya ditambah juga pas dewasa jadi emang disuruh buat ngunyah.
    Jadi, itu semua pilihanmu! :)

    View Full
  • [Makan Sehat Gak bisa makan baso?]

    Sebelum cerita tentang baso diatas, tahun lalu kalau tidak salah, saya sempat beli cistik sayuran tanpa pewarna dan pengawet buatan. Saat dibawa ke kampus dan diicip teman, ada yang komen ‘gak ada rasa’.

    Ini balik lagi ke lidah yang terbiasa merasakan makanan gurih, manis banget sehingga ketika makan yang asin atau manis tidak terlalu terasa 'rasa'nya.

    Saya kangen makan baso selama di bandung. Walau tadi pagi agak siang kegoda makan indomie :(
    Tapi sorenya saya ketemu baso singkong!

    1 porsi 10ribu, kalau baso saja isi 4, kalo pake bihun/mi basonya 3. (ini foto setelah makan, karena laper.)

    Kalau di buku clean eating, langkah pertamanya itu berhenti berteman dengan makanan proses, hari ini masi makan bihun + indomie (setelah makan jagung pipil rebus+tomat cheri) :(

    Bertahap. Semoga makin sehat, makin produktif!

    View Full
  • Yayy sampai hari ini sudah turun 3 kg!! Consistency will really get u there 😊 #makansehat #olahraga #healthylifestyle #marshandaShapeUpJourney

    View Full