#rambutbaru Tumblr posts

  • innaramadani
    27.12.2020 - 1 year ago

    Andin Ikatan Cinta

    Beberapa waktu lalu, aku potong rambut.

    Setelah sekian abad karena takut corona, aku mengabaikan rambut panjangku (yang sebenarnya pun kalau kata Balqis, rambutku ya nggak panjang-panjang amat).

    Mau gimana lagi, seumur hidup jarang banget atau malah nggak pernah memanjangkan rambut. Powwl paling seleher, itupun menurutku sudah terlalu panjang.

    Aku tipe cewek yang males ribet dan bagiku rambut panjang salah satu dari sumber keribetan dunia.

    Mesti butuh perawatan khusus, rajin keramas, kalau nggak bisa lepek dan apek. Belum lagi kalau keringat mengucur deras, haduh membayangkannya saja sudah risih.

    Benar-benar risih. Ditambah kulitku sensitif (elah) kalau sudah berkeringat terus-terusan gampang gatal, terutama bagian leher. Jadi mending, botak sajalah.

    Pernah saking nggak mau ribetnya, aku bilang ke Ibuk,"Buk, kalau aku botak boleh nggak? Kan jilbaban, nggak kelihatan juga."

    Jawabnya,"Ra sisan ganti kelamin?"

    Sial.

    Back to topic.

    Akhirnya aku potong rambut didekat rumah, anggap saja tetangga. Dengan riangnya si tukang cukur, yang kebetulan aku kenal juga, panggil saja Bude Sutini.

    Beliau menyambutku dengan senyum selebar buah semangka. Seperti telah ada chemistry yang mengikat Romeo dan Juliet dalam sekali pandang, tanpa aku bicara panjang-lebar maksud kedatanganku, beliau tampaknya paham.

    "Mau potong rambut to? Tak model Andin Ikatan Cinta wae ya."

    "Niku sinten?" Jawabku sopan dong.

    "Haduh, sing lagi tren kui loh. Wes pokoke jos."

    "Yawes, manut aja." Jawabku sekenanya karena lagi-lagi malas ribet. Yaampun.

    Beliau memotong rambut sambil mengajak bergosip seolah-olah aku peduli dengan berita-berita sekitar. Alhamdulillah, pernah kuliah di Komunikasi jadi paham betul bagaimana cara membangun komunikasi yang baik. Dari bicara tentang isu berat Corona sampai sereceh senam aerobik kampung yang berisi Ibuk-Ibuk penuh kewibawaan.

    Meskipun harus dengan kepura-puraan. Berlagak antusias saja.

    "Uwes selesai, apik to?"

    Aku yang menatap kaca sambil mengernyitkan dahi. Sedikit syok.

    "Kayake sing jenenge Andin i anake Alam Mbah Dukun," bantinku.

    Aku tersenyum lalu menjawab,"Josss!" Dengan tangan mengepal penuh tekanan kuat, mirip-mirip caleg lagi orasi visi-misi sambil bagi sembako.

    Aku pamit dan tak lupa aku bayar dong.

    Sesampainya dirumah. Hal pertama yang aku lakukan adalah browsing.

    Who is Andin Ikatan Cinta?

    And the answer is...

    Woalah koe toh Din Andin, jebul modelanmu kaya ngono.

    Sampai aku save di galeri HP untuk kenang-kenangan.

    Mana mirip?

    Bude budeee Sutinii, bar delok raiku sing bar potong rambut neng pikiranku malah ora kaya Andin Ikatan Cinta. Neng luweh mirip Alam Penyanyi Dangdut.

    Mari aku beri petunjuk dengan ini...

    Aku juga save screenshoot-nya.

    Lebih jelasnya. Mari kita sandingkan dan lihat perbedaannya...

    Maunya sumpah serapah, tapi percuma, sudah terlajur. Jadi bawa santai aja. Toh, aku pakai jilbab. Mau rambut kaya Alam Penyanyi Dangdut atau alam ghaib juga nggak masalah.

    Menurutku, tapi...

    Lain dengan Ibuku. Ngomel-ngomel hampir 2x24 jam dibahas terus, layaknya malaikat Atid yang mencatat sebuah dosa besar tak terampuni. Kaya o anake dadi koruptor wae.

    Aku malah menganggap ini sebuah lelucon. Sesantai itu akutu. Apa-apa ngga mau ribet, yang sudah terjadi yasudah.

    Btw aku cerita ini ke teman-temanku di group whatsapp, lalu reaksine luweh gapleki.

    Segaple opo? Iki jawabane...

    Sempet-sempete dieditke merga aku wegah ngirim foto rambut anyarku. Alangkah gaplekinya.

    Sudah cukup rasa sakitnya, diguyoni wae.

    Terima kasih, akhir tahun rambutku baru!

    Ora kudu kaya Andin Ikatan Cinta, wes tak terimo kaya Alam Penyanyi Dangdut yo rapopo.

    Aku posting semua saja. Tanpa rasa malu. Sebagai kenangan kalau aku pernah segoblok ini di akhir tahun 2020.

    Tanpa tahu siapa modelnya, yayo-yayo wae.

    Setidaknya sekarang pengetahuanku bertambah, aku jadi tahu siapa itu Andin Ikatan Cinta. Pelajaran baru di akhir tahun.

    Saatnya menyambut tahun baru dengan penuh harap dan semangat menggebu sebagai Alam Penyanyi Dangdut!!!

    Bruuurrrr!

    NB:

    Kata Mba Tiwik (setelah kerumahmu dan melihat rambut baruku), model rambutku nggak mirip-mirip banget Alam sih, mungkin aku yang terlalu mendramatisir. Ya, karena aku cuma tahu model rambut Bob seperti itu ya cuma punya Alam Penyanyi Dangdut.

    View Full
  • augustinejumat
    06.10.2020 - 1 year ago

    Gunting rambut menjelang PKPB di Kota Kinabalu #barbershop #pkpb #kotakinabalu #kotakinabalu #rambutbaru #06/10/2020 (at Kepayan, Sabah, Malaysia) https://www.instagram.com/p/CGAKiqHsggv/?igshid=ne8vrv07qm2s

    View Full